Senin, 20 Mei 2019

Waktu Tuhan bukan Waktu Kita


Halo gaesss jumpa lagih. Setelah lama tak nampak, beklah sekarang waktunya saya menghibur anda sekalian yang merindukan tulisan saya yg sangat bermutu & bermanfaat ini (eleuuh alibiiiii, padal saya mau curcol gaes). Haha. Jadi sebenarnya postingan kali ini adalah postingan untuk menenangkan diri sendiri yang kali aja bisa menjadi penenang juga untuk pembaca sekalian yg budiman&budiwoman.

(ATTENTION : POSTINGAN KALI INI AGAK VULGAR. JADI BAGI PARA PEMBACA SEKALIAN, DIHARAPKAN KEBIJAKSANAANNYA)

Sudah sering saya mendengar kalimat “Indah pada waktunya” atau “Waktu Tuhan, bukan waktu manusia” atau kalimat-kalimat bijak yang lain. Bahkan ada beberapa cerita tentang kesuksesan seseorang yang tidak mengenal “waktu ideal” orang kebanyakan. Ada yang baru sukses saat usia senja, disaat usia sudah tidak produktif. Ada yang dari kecil sudah sukses, namun kemudian mati muda. Daaan banyak lagi yang lain. Intinya : waktu orang kebanyakan bukanlah patokan untuk waktu kita. Kita memiliki garis waktu sendiri. Semua sudah dirancang runtut dan rinci oleh Tuhan. Itu lah yang saya tanam dalam kehidupan saya selama ini. Selalu yakin dan percaya bahwa semuanya sudah diatur. Dan yang ngatur Tuhan, jadi gak usah khawatir sama standar waktu orang lain.

Namun kalo lagi pas gak waras, mood acakadut, banyak tekanan, PMS ato haid hari pertama, semua yang saya bangun tadi bisa hancyurr dan diri ini mulai terpengaruh pengen seperti yang lain. Kalau dalam kasus kehidupan saya, ‘kisah belum datangnya sang buah hati’ dan ‘kisah jerawat rauwis-uwis” menjadi penghenti waktu kebahagiaan saya. Padahal sebenernya saya bukan tipe orang yang suka anak kecil kecuali tu anak lucunya jauh diatas rata-rata >.< Tapi kan tetep aja yah pengen punya anak sendiri. Penasaran seberapa tinggi tingkat kelucuan anak yang saya hasilkan bersama suami. Huaha,, alasan macem apa ini? Cetek amat.

Jadi karena sudah hampir dua tahun nikah (setahun kawin) tapi tak kunjung hamil, maka saya bersama suami memutuskan untuk pergi ke dokter kandungan, ceritanya mau program kehamilan. FYI, waktu kawin kami tidak sama dengan waktu nikah ya J Itu karena ke’ndolo’an saya yang gak mau dikawinin gara-gara sakit. Huahaa.....istrik macam apah saya inih??? Untungnya saya punya suami yang sangat sabar perhatian dan ngalahan. Cerita dikit deh, jadi kami menikah Bulan Mei 2016. Mencoba di malam pertama, kedua, ketiga, ketujuh, kesepuluh, dst, gagal mulu. Makanya suami akhirnya memberikan waktu sebanyak-banyaknya sampai saya siap lahir batin. Yak, jadi ternyata dari research yang pernah saya baca, miss V itu tidak akan mudah terbuka kalo hatinya belom terbuka juga. Bila masih ada sedikiiit saja keraguan, maka miss V merespon dengan gakmau gampang dimasukin. Naah itu yang bikin sakit kali yee. Eh sori nih yee, postingannya agak vulgar kali ini. Yaaah sekalian buat belajar aja, biar para single ladies diluar sana gak sebodoh saya. Kalo nikah tu kudu yakin 100%! Jangan ada sedikiiit saja keraguan. Kalo saya waktu itu masih 80%an lah kira-kira. Okei, akhirnya setelah saya siap, dan yaqueen 100% akhirnya tugas itu berhasil kami lakukan, yaitu bulan Maret 2017. Howraayyy!!!
Akhir tahun, tepatnya Bulan Desember 2017, kami mengunjungi dokter kandungan. Saat itu kami masih di Palangka Raya. Di klinik dokter yang diperiksa hanya saya, suami tidak. Tahap pertama adalah USG dr luar. Dokter mengatakan bahwa rahim saya bagus arah dan bentuknya, jd sekali nyoba di masa subur, “harusnya” langsung isi. Lalu dokter menanyakan frekuensi kami dan berkata bahwa frekuensi kami terlalu jarang, jd beliau menyimpulkan sementara bahwa keadaan tak kunjung hamil saya ini karena kurang sering saja. Selanjutnya, kami diberi jadwal. Dan pabila di hari yang telah dijadwalkan tersebut belum berhasil isi juga, kami disuruh baik lagi untuk dicek lebih lanjut.

Oke, kali itu saya percaya saja pada dokternya. Karena emang bener, kami jarang ketemu juga karena pekerjaan yang mengharuskan kami berpisah untuk beberapa waktu. Giliran ketemu, pas lagi gak subur. Jadi setelah ke dokter yang pertama itu, begini kesimpulan saya:
1.  Saya sehat
2. Frekuensi kami jarang
3. Harus ketemu pas masa subur
Tibalah saat dimana jadwal yg diberikan dokter tiba. Namun karena (lagi-lagi) terkendala jarak, kami tidak bisa melakukannya kali itu. Jadi saya bulan depannya belum mau balik lg ke dokter. Kan emang belom nyoba. Saya mau mencoba pas masa subur dulu (begitu pikir saya waktu itu).
Akhirnya saya membuat jadwal kapan harus ketemu, kapan jangan melakukan. Ohiya, kata dokternya keseringan pun kurang baik. Jadi saya membuat jadwal sendiri dengan berbekal panduan dari dokter. Kata beliau tiap 2-3 hari will be great. Ternyata tidak sesimpel itu sodara-sodaraah. Waktu pun berjalan, bulan demi bulan berlalu. Namun kami belum bisa ketemu juga pas masa puncak kesuburan. Setelah beberapa periode terlewat, akhirnya kami bisa melakukan sekali passss masa puncak subur. Udah berharap banyak nih, eeeh taunya bulan depannya saya tetep haid. Sedih sih, tp life must go on.  Kita berencana ke dokter lagi untuk melanjutkan promil. Etapi ternyata kami dipindahkan tugas ke Semarang. Sueneeeeng karna ini yang kami nanti. Kesedihan terganti dengan begitu cepatnya karena kami pulang kampuang.

Surat kepindahan sebenernya dari April 2018, namun kami baru pindah bulan Juli 2018. Dari rentang waktu April ke Juli, kami bisa melalui sekali masa subur bersama tapi ternyata pas dicek bulan berikutnya, belum berhasil hamil juga. Lanjuuut pas udah di Semarang. Sebenernya Mother udah nyuruh mulai promil, cari info dokter kandungan buat promil yang bagus. Tp karna kali itu saya masih berpikir ‘kami masa subur aja jarang campur’, maka saya rasa percuma mo ke dokter juga.  Bulan Juli sampe Desember 2018 kami lalui selalu bisa ketemu pas masa subur, tp tetep aja belum isi. Saya jadi curiga ada yang salah dengan kami. Bisa jadi saya, bisa jadi suami. Namun dengan bekal tiga kesimpulan dalam pikiran dari dokter di Palangka, saya jadi negative thinking ke suami L
1. Kalo saya sehat berati bisa jadi suami yg gasehat (Padal dokter g pernah berkata demikian. Lagian suami jg belom pernah diperiksa. Duuh jahat banget saya yak)
2. Udah tau kemarin dokternya bilang frekuensi kami jarang, tapi yang selalu ngatur jadwal cuma saya. Saya merasa hanya saya yang berusaha, hanya saya yg aktif ngatur jadwal, ngatur mood dan suasana, dll. Suami pasif terima jadi aja tinggal eksekusi.
3. Harus ketemu pas masa subur. Saya beli alat tes kesuburan macem-macem (dari yg pake ludah, sampe pake pipis), nandain tanggal, dll. Tp bahkan suami ga apal jadwal haid saya.
Pikiran-pikiran macem ini yang bikin kami jadi sering cekcok, emosian, meledak-ledak. Etapi cuma saya ding yg emosi & meledak-ledak. Suami mah walo emosi tetep adeeem ayem lohjinawi khas orang Jawa banget.
Bulan berganti menjadi tahun. Memasuki Tahun 2019, akhirnya kami memutuskan untuk nyari dokter buat promil. Nyari dokter ini pun ada dramanya loh. Huwaaahh hidupku penuh drama..hahhaa. Karna saya merasa hanya saya yang ribet nyari info sana-sini. Suami tiap ditanyain cuma ngikut-ngikut mulu. Karena kebetulan saya sedang tugas di Solo, dan kami sering pulang Solo, maka diputuskan kami promil di Solo saja. Akhirnya Februari kemarin kami konsul lah ke dokter pilihan saya. Lagi-lagi tahap pertama adalah USG dari luar. Berbeda dengan dokter pertama di Palangka kemarin, dokter ini langsung bilang

Dokter (D)         : Ibu tau PCO?
Nadia (N)           : Iyaa pernah baca dok
D                            : Ibu ada PCO, ini bisa dilihat kan ada banyak telurnya kecil-kecil di dalem rahim  (sambil nunjukin hasil USG rahim saya)
N                            : hmmm *manggut-manggut*

Gaktau kenapa ya, setelah saya divonis PCO sama dokter,saya malah bahagia dan lega. Semua yang saya tuduhkan ke suami berarti terbukti HOAX. Maapin adek ye bang, sempet nuduh yg enggak-enggak ke abang. Hhiihi....
Ohya, sebelumnya saya emang sempet beberapa kali bilang ke suami : “Kayaknya aku ni PCOS deh. Soalnya dari beberapa sumber yg kubaca, keadaan susah hamilku mengarah kesitu. Lagian ini aku tiap PMS jerawatan. Jerawatnya di sekitar dagu lagi. Trus ini ada kumis tipis di muka aku. Iya kan? Aku PCOS kan?”
Tapi tiap aku buka topik itu, suami pasti bilang : “Enggaklah, orang kamu dapet tiap bulan”. Dan topiknya cuma brenti sampe situ. Tapi kali ini saya udah gak penasaran lagi karena statement dokter tersebut.
Lanjut cerita promilnya yaaaaakk....duh panjang cyyiiiiin. Setelah di USG, dokter ngasih resep dan jadwal buat tes HSG (ngecek saluran tuba falopi) untuk saya dan tes analisis sperma untuk suami. Lagi-lagi masalah kerjaan yang gak bisa ditinggal, akhirnya tes tertunda 3 bulan. Dan baru bisa tes minggu depan. Doakan lancar dan hasilnya baik-baik saja ya siis broo. Ini pun ada dramanya. Hhahaa,,buset deh g bosen-bosen hidup penuh drama. Jd HSG kan hanya bisa dilakukan pas hari ke-9 ato hari ke-10 setelah haid hari pertama. Naah, kebetulan hari ke-9 jatuh di hari Minggu (radiologi tutup) dan hari ke-10 jatuh di hari Senin (pas suami gabisa nemenin karena emang load kerjaan lagi tinggi).  Disitu saya ngrasa lagi nih kalo suami lebih mentingin kerjaan daripada saya (jelas-jelas ini g bisa dibandingin yes...bagekan membandingkan buah apel vs kuda. Alias ga ada hubungannya). Tapi akhirnya kita cari jalan tengah, yaitu saya ditemenin anggota keluarga lain aja (Mbak sama Mother). Drpd di undur-undur terus. Makin mundur lagi nanti tahapan selanjutnya. Beklah, sekian dulu cerita promilnya. Dilanjut besok pas udah melalui tahap-tahap lanjutan yah.
Jadi inti dari cerita puanjang nan syahdu saya barusan adalah : OJO PINGINAN. Mentang-mentang yang lain udah pada beranak, trus pengen ikutan punya anak saat itu juga. Mentang-mentang yang lain udah pada nikah, trus pengen ikutan nikah saat itu juga. Mentang-mentang yang lain udah pada dapet kerjaan mapan, trus pengen ikutan ketrima kerja saat itu juga. Lanjutin sendiri “mentang-mentang” yang lain. Buanyaaaks bgt. Di dunia ini semua udah ada yang ngatur. Semua indah. Mari kita fokus ke apa yang sudah diberikan saja.
Kalo di kasus saya, boleh dilahirkan di tengah keluarga yang sekarang (alm. Siba, Mother, siMbaT & dek Yud) dan dikasih suami paket komplit kaya suami saya ini merupakan anugerah terindah dalam hidup saya yang kadang terlupa untuk disyukuri L. Kenapa paket komplit? Karna si Bapak satu ini punya segalanya :
1.       Agama yg taat : membuat saya jadi lebih kenal dan lebih deket sama Tuhan.
2.       Sabar&sayang yg panjang : walopun gak pernah saya masakin dan rumah jarang dibersihin, belio tetep sayang sm istrinya yg hobi shoping ini.
3.       Attitude yg luar biasa : selalu sopan sama orang dan gapernah benci/dendam sama orang.
4.       Mertua & sodara ipar yg gak rese : bahkan saya di rumah mertua pun bisa tidur molorrrr, bangun siang, jajan mulu dan gak bantuin masak tp g pernah diomelin, dikasih tatapan judes pun kagak. Sungguh syurgaaa J
5.       Tampan & rupawan : walo ketampanannya berada di urutan ke-5 (setelah Ari Wibowo, Nicholas Saputra, Kevin Sanjaya dan Desta) tapi masih jauuuh di atas rata-rata lah ya. Mayan perbaikan keturunan.
6.       Kaya hati : memiliki hati yang besarrr, selalu merasa cukup, dermawan
Jadi gaess, g ada waktu untuk bersedih gundah gulana. Ganti fokusmu dari apa yang belum kamu terima ke berkat yang telah kamu peroleh. Percaya dan yakin saja, semua kan indah pada waktunya. (Ngomong sambil ngaca)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar